Oleh: recinay | 15 Maret 2010

CARA MEMBAKAR CD


Membakar CD
Setiap hari data-data dan file dikomputer akan memenuhi media penyimpanan (Hardisk) kita. Sehingga ruang hardisk akan berkurang dan semakin menipis. Karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti data hilang baik karena virus maupun kerusakan perangkat lainnya kita perlu membuat cadangan (back-up) data dan file tersebut ke media penyimpan lainnya. Misalnya CD atau DVD. Salah satu program/software yang berguna untuk membuat cadangan adalah adalah Nero Express. Membuat cadangan/menggandakan kepingan CD / DVD sering disebut dengan CD Burning (membakar CD).
CD dan DVD adalah medium yang saat ini banyak digunakan sebagai medium data. Perbedaan antara CD dengan DVD adalah pada banyaknya data yang dapat dimuat di dalam kepingan plastik tersebut. DVD dapat diisi sampai dengan 4.7 GB dan CD sampai dengan 670 MB. Kapasitas penyimpanan medium tersebut dapat menjadi lebih besar lagi jika jumlah sisi dan layer pada medium dirubah. Semakin banyak sisi atau layer yang diganakan maka semakin besar data yang dapat diisikan pada kepingan cd tersebut.
Kali ini kita akan menggunakan Nero Start Smart versi 6.6.0.1 yang di dalamnya terdiri dari beberapa pilihan program salah satunya Nero Express.
Nero Start Smart adalah salah satu program yang berguna untuk menggandakan / membakar CD/DVD ke dalam bentuk data (PC Only), Audio seperti MP3, CD, Video seperti VCD, dll. Dalam hal membakar CD/DVD Nero Start Smart sangat berpengalaman, selain mudah digunakan Nero Start Smart sangat cepat dalam hal ini. Sebelum membakar CD/DVD, pastikan bahwa CD-ROM / DVD-ROM yang kita miliki adalah Rewriteable (RW).
Langkah-langkah Bakar File ke CD / DVD :
1. Pastikan Software Burning serta CDRW atau DVDRW drive sudah terpasang dengan baik.
2. Masukkan CD atau DVD kosong pada Drive CDRW atau DVDRW anda
3. Jalankan perangkat lunak khusus untuk membakar file ke cd / dvd kosong.
4. Sorot dan rekap file-file yang akan dipakai pada software burning. Ketika selesai jalankan perintah burn.
5. Keluarkan dan dinginkan cd / dvd setelah selesai.
Langkah 1 :

Langkah 2 :

Langkah 3 :

Tambahan :
Bisa saja ada kemungkinan bahwa terjadi kegagalan kopi sehingga membuat medium yang kita bakar menjadi tidak bisa lagi digunakan (kecuali CD/DVD RW).
 Pastikan setting software burning sebelum membakar tidak salah. pilih drive yang dapat membakar (bukan image recorder).
 Kita dapat membuat file image dengan memilih setting image recorder pada setingannya. Guna dan fungsi dari file image adalah bentuknya yang hanya 1 file hasil penggabungan banyak file. Selain itu dapat juga dijalankan seperti layaknya sebuah cd dengan program atau software image seperti d-tools / daemon tools.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: