Oleh: recinay | 19 April 2010

pengertian SO Android


System Operasi Android


Berita terbaru, system operasi Android ternyata tidak hanya berkutat di ponsel. Google berencana menggunakan Android untuk device lain, tidak hanya di ponsel. Bayangkan, jika Google dapat membuat visi baru untuk pasar miliaran dollar, netbook. Netbook merupakan PC berskala kecil. Namun, yang akan dibahas di sini bukan Google sebagai pencetus ide pertama mengenai Android, namun lebih ke netbook Asus Eee PC 1000H.

Asus menilai bahwa netbook Asus Eee PC 1000H yang mengadopsi project open source Android ini akan hadir dalam rencana tiga hingga sembilan bulan ke depan. Namun, tentunya diperlukan kerja sama dalam pembuatan Android, baik untuk pembuat device dan carrier, termasuk Google dan Intel yang akan memberikan kontribusi besar untuk adopsi Android ke netbook Asus. Menurut project OHA (Open Handset Alliance) Google, netbook Asus Eee PC 1000H ini akan dipublikasikan secara resmi di tahun 2010.

Menurut Google, Android memiliki dua kebijakan product yang berkaitan dengan arah system operasi, yakni berkaitan dengan handphone, dan MID (Mobile Internet Device) dari Intel, termasuk device seperti netbook Asus yang akan menggunakan system Android. Indikator lain mengenai datangnya netbook Android ini adalah Intel telah menyiapkan driver yang sesuai untuk chip MID di netbook Asus Eee PC 1000H ini.

Namun, banyak pengamat dan supporter Symbian yang menyatakan bahwa kode Android sangat portable, tetapi karena sifatnya yang open source, maka dapat menimbulkan kekacauan dan disintegrasi tendensi seperti layaknya system operasi yang berada di arah yang berbeda. Mereka menganggap bahwa Symbian jauh bisa terkontrol, walaupun competitor Symbian, Symbian Foundation, juga akan menjadikan Symbian menjadi system open source.

Sementara itu, terdapat beberapa detail dari netbook Android Asus ini. Layar netbook Android Asus Eee PC 1000H ini berukuran 5 kali lebih besar dibandingkan layar G1. Di bagian “Settings”, user dapat mengatur fitur “Select Locale”, dimana user dapat mengganti ke beberapa bahasa, seperti Ceko, Jerman, Inggris (Amerika, Australia, Inggris, dan Singapura), Jepang, Spanyol, dan Belanda. (h_n)

Sumber : beritanet.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: